Tantangan Sekolah Al-Fikri Dalam Melaksanakan PJJ (Pendidikan Jarak Jauh)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
AL-FIKRI.SCH.ID, BEKASI– Adaptasi kebiasaan baru setelah pandemi Covid-19, merupakan tantangan bagi sekolah dan para pendidik untuk melakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Tentunya pembelajaran jarak jauh harus di isi dengan kreativitas dari sekolah, guru, siswa, serta seluruh element sekolah agar pembelajaran tetap menyenangkan dan sampai pada tujuan pembelajaran itu sendiri. Banyak hikmah dan pembelajaran yang dapat kita ambil dan terapkan pada masa ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Nadiem Makarim dalam pidato sambutannya memperingati (Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2020) pada esensinya menjelaskan:

 

“Dari krisis ini kita mendapatkan banyak sekali hikmah dan pembelajaran yang bisa kita terapkan saat ini dan setelahnya. Untuk pertama kalinya guru-guru melakukan secara daring atau online, menggunakan tools atau perangkat baru, dan menyadari bahwa sebenarnya pembelajaran bisa terjadi di manapun,” kata Nadiem.

“Orang tua, untuk pertama kalinya menyadari betapa sulitnya tugas guru. Betapa sulitnya tantangan untuk bisa mengajar anak secara efektif. Kemudian menimbulkan empati kepada guru yang tadinya mungkin belum ada. Guru, siswa, dan orang tua sekarang menyadari bahwa pendidikan itu bukan sesuatu yang hanya bisa dilakukan di sekolah saja. Tetapi, pendidikan yang efektif itu membutuhkan kolaborasi yang efektif dari tiga hal ini, guru, siswa, dan orang tua. Tanpa kolaborasi itu, pendidikan yang efektif tidak mungkin terjadi,” kata Nadiem.

Lebih lanjut,  di akhir pidatonya juga Bapak Nadiem Makarim juga menjelaskan:

“Belajar memang tidak selalu mudah, tetapi inilah saatnya kita berinovasi. Saatnya kita melakukan berbagai eksperimen. Inilah saatnya kita mendengarkan dan bangsa yang lebih baik di masa depan,” kata Nadiem.

 

Ayah dan Bunda yang kami hormati, tentunya Sekolah Al-Fikri mengucapkan terimakasih banyak, hingga sampai saat ini dan seterusnya kita masih berkolaborasi dalam mendidik ananda siswa TK-SD-SMP Islam Al-Fikri untuk menjadi anak yang sholeh/sholehah. Kemudian selain daripada itu, Alhamdulillah pada pembelajaran jarak jauh ini, pendidik dan tenaga kependidikan di Sekolah TK-SD-SMP Islam Al-Fikri sudah memiliki kemampuan dalam membuat media pembelajaran digital yang menarik dan anak-anak sangat senang serta antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. (Panji Nugroho)

Al-Fikri Islamic School “Unggul Dalam IMTAQ, Berkemajuan Dalam IPTEK”.

Tetap semangat, dan terus berkarya.

Terimakasih

Wassalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.

Follow:
✓website : www.al- fikri.sch.id
✓instagram : @alfikriofficial.2006
✓facebook : Al-Fikri Islamic School
✓telephon : 02184599572

Leave a Reply